Sunday, March 14, 2010

Kompetisi Bisnis

Dunia kewirausahaan semakin berkembang pesat. Hampir seluruh bidang kehidupan manusia dapat dijadikan sebagai ide untuk mengembangkan usaha. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) juga semakin mempermudah manusia untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Hal ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas, tangguh dan handal untuk dapat mengimbangi persaingan global yang semakin ketat demi kemajuan bangsa.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan Institusi yang selayaknya tumbuh dan berkembang di tengah iklim tersebut untuk memberikan sumbangsih yang berarti bagi kehidupan manusia. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh ITS untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan produktif sehingga dapat menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan guna membangun Indonesia. Adanya masalah ketertinggalan Bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi cukup memprihatinkan. Dampak dari ketertinggalan ekonomi di Indonesia adalah peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia. Pengangguran, baik yang terdidik maupun tidak, ada dimana-mana. Terlalu sedikitnya lapangan kerja dibandingkan jumlah pencari kerja adalah salah satu faktor penyebab tingginya angka pengangguran yang terjadi di Indonesia. Solusi terbaiknya adalah merubah paradigma job seeker menjadi job maker dengan mendirikan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha. Mengutip pernyataan para ahli yang mengatakan bahwa untuk menuju Indonesia yang lebih baik dibutuhkan setidaknya dua persen pengusaha dari jumlah total penduduk Indonesia. Tetapi, sayangnya minat generasi muda untuk berwirausaha belum terlalu besar.
Alasan di ataslah yang memberikan inspirasi Unit Kegiatan Mahasiswa Workshop Of Enterpreneur and Technology Institut Teknologi Sepuluh Nopember (UKM WE&T ITS) sebagai salah satu wadah eksplorasi kewirausahaan di ITS untuk memberikan sumbangsih bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk sadar akan tantangan zaman tersebut. Salah satu cara yang diambil UKM WE&T ITS adalah meluncurkan sebuah kegiatan yaitu Kompetisi Ide Bisnis I (KoDe Bisnis I) yang merupakan serangkaian acara yang di dalamnya mengupas langkah-langkah membuat bisnis plan serta peluang berwirausaha di Indonesia, yang akan dikemas dalam kegiatan pameran, seminar, dan workshop. Melalui kegiatan Kompetisi Ide Bisnis I (KoDe Bisnis I) ini diharapkan seorang pelajar mampu untuk mendirikan unit bisnis sehingga dapat membantu Gerakan menuju Indonesia yang lebih baik.

No comments: