Friday, March 12, 2010

KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT MAHASISWA (KATULISTIWA) 2010


KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT MAHASISWA
(KATULISTIWA) 2010

Dasar Pemikiran
Dalam rangka pembangunan nasional, pembangunan bidang pendidikan selalu diarahkan untuk mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan proses untuk meningkatkan pengetahuan manusia, keahlian dan keterampilan, serta kemampuan orang-orang dalam masyarakat. Secara ekonomis, hal ini bisa dijabarkan sebagai proses akumulasi sumber daya manusia dan investasinya secara efektif dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa. Sementara itu, ditinjau dari sudut budaya dan sosial, pembangunan manusia akan membantu kehidupan yang tenteram, kaya tradisi dan kehidupan yang penuh arti bagi masyarakat.

Sistem pendidikan nasional di Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Hal ini akan dapat dicapai jika pembangunan bidang pendidikan berjalan dengan baik dan didukung oleh semua kalangan, termasuk institut perguruan tinggi.

Dalam rangka pengejawantahan salah satu isi Tri Darma Perguruan Tinggi, maka institut perguruan tinggi sebagai perangkat dalam sistem pendidikan nasional mempunyai tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Mahasiswa dengan kapasitas sebagai civitas akademika mempunyai kedudukan penting karena diharapkan mampu menjadi pribadi-pribadi yang mumpuni dan bertanggungjawab atas berhasilnya pembangunan nasional.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pemikiran dan penalaran mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan salah satu forum kompetitif yang sangat kondusif bagi mahasiswa dalam mengembangkan pribadi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan wawasan ilmiah.

Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, dibutuhkan suatu media bagi mahasiswa lama khususnya untuk berkompetisi dalam berbagai karya ilmiah, dan salah satunya adalah Kompetisi Karya Tulis Tingkat Mahasiswa (KATULISTIWA).

“Indonesia kreatif sebagai upaya peningkatan kualitas daya saing bangsa menuju Indonesia mandiri”

Landasan Kegiatan
1. Tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu yang berilmu dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, disiplin, beretos kerja dan bertanggung jawab, produktif, serta sehat jasmani dan rohani.
2. Tri Dharma Perguruan Tinggi
3. Misi LSME untuk menciptakan suasana dan iklim ilmiah dengan berpijak pada nilai-nilai intelektual, religius, pengabdian dan kekeluargaan.
4. Program kerja LSME Universitas Brawijaya Malang periode 2009-2010

Tujuan Kegiatan
1. Melatih Mahasiswa untuk menganalisa dan mengkritisi permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dengan dasar keilmuan dan rasionalitas.
2. Mendorong terciptanya pengetahuan dan wawasan ilmiah di kalangan mahasiswa.
3. Mendorong Mahasiswa agar peka terhadap permasalahan yang terjadi di Indonesia.
4. Meningkatkan kemampuan dalam menyusun karya tulis sehingga aspirasinya dapat disampaikan dengan baik dan benar.
5. Menjadi media untuk melatih mahasiswa agar berani bersaing secara sehat dan bersikap sportif dalam usaha menjadi yang terbaik.

Target Kegiatan
1. Mahasiswa dapat menganalisa dan mengkritisi permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dengan dasar keilmuan dan rasionalitas.
2. Dapat terciptanya pengetahuan dan wawasan ilmiah di kalangan mahasiswa.
3. Mahasiswa menjadi peka terhadap permasalahan yang terjadi di Indonesia.
4. Kemampuan dalam menyusun karya tulis dapat ditingkatkan dan aspirasinya dapat disampaikan dengan baik dan benar.
5. Adanya media untuk melatih mahasiswa, sehingga berani bersaing secara sehat dan bersikap sportif dalam usaha menjadi yang terbaik.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

1. Technical Meeting
Hari : Jumat
Tanggal : 14 Mei 2010
Tempat : Aula Gedung D Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang*

2. Presentasi KATULISTIWA (15 finalis)
Hari : Sabtu
Tanggal : 15 Mei 2010
Tempat : Gedung PPI Universitas Brawijaya Malang*

3. Field Trip
Hari : Minggu
Tanggal : 16 Mei 2010
Tempat : Kebun Teh Purwodadi Malang*

*masih dalam konfirmasi

Peserta
Peserta “LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA” adalah seluruh mahasiswa perguruan tinggi yang berada di Indonesia. Pada tahapan selanjutnya, diambil 15 finalis terbaik. Pada puncak acara akan diambil 3 terbaik.

Ketentuan Lomba
Tema: “Indonesia kreatif sebagai upaya peningkatan kualitas daya saing bangsa menuju Indonesia mandiri”
Alternatif topik:

a. Perekonomian
· Peningkatan kesiapan SDM untuk mengembangkan perekonomian rakyat
· Pelaksanaan perkoperasian sebagai pembelajaran tentang kepedulian kepekaan sosial
· Meningkatkan peran UKM sebagai upaya pengembangan industri kreatif

b. Teknologi dan Informasi
· Pemanfaatan internet sebagai media pengembangan pendidikan
· Optimalisasi kemajuan teknologi dalam meningkatkan perekonomian

c. Sosial Budaya
· Pemanfaatan dan pengembangan potensi daerah untuk meningkatkan kualitas masyarakat daerah
· Pengembangan nilai-nilai sosial budaya dalam rangka melestarikan kebudayaan nasional
· Pengembangan pariwisata dan dampak sosial
· Hadiah
Juara 1: Rp 3.000.000
Juara 2: Rp 2.500.000
Juara 3: Rp 2.000.000
(sertifikat+trophy)

· Pelaksanaan presentasi tanggal 15 Mei 2009.
· Peserta adalah mahasiswa dari seluruh fakultas perguruan tinggi di Indonesia
· Satu (1) tim maksimal terdiri 3 orang
· Karya Tulis merupakan penulisan bukan penelitian

Petunjuk Penulisan

A. Sistematika Penulisan
1. Bagian Awal

a. Halaman judul*
1) Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
2) logo perguruan tinggi
3) Nama dan NIM penulis ditulis dengan jelas.
4) Perguruan Tinggi dan kota asal ditulis dengan jelas
5) Tahun penulisan.
6) Halaman judul menggunakan kertas HVS putih dan kertas mika putih

b. Lembar Pengesahan*
1) Lembar pengesahan memuat Judul, Ketua Kelompok dan anggota kelompok dengan menunjukkan identitas: Nama Lengkap, NIM, Jurusan, dan Perguruan Tinggi. Selain itu memuat identitas dosen meliputi Nama Lengkap, Gelar, dan NIP.
2) Lembar pengesahan ditandatangani oleh Ketua Kelompok, Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusan/Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan
3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

*lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh format halaman judul dan lembar pengesahan

c. Kata Pengantar dari penulis

d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran

e. Ringkasan (abstrak) karya tulis disusun 2­­ halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, analisis dan sintesis, simpulan dan saran

2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
1) perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah;
2) tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

b. Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi
1) uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji;
2) uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji;
3) uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

c. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat teknik pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, serta analisis-sintesis.

d. Analisis dan Sintesis
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka.
Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

e. Simpulan dan Saran
1) Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
2) Saran disampaikan secara spesifik sejalan dengan implikasi kebijakan

3. Bagian Akhir

a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
c. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

B. Persyaratan Penulisan
Naskah, mulai dari Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran, ditulis minimal 10 dan maksimal 20 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.

C. Petunjuk Teknis Penulisan dan Pengetikan

1. Penulisan Huruf
Naskah diketik pada kertas A4 dengan 1,5 spasi dan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12”, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.

2. Tata Letak
Batas pengetikan:
samping kiri 4 cm
samping kanan 3 cm
batas atas 4 cm
batas bawah 3 cm

3. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
a. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 1,5 spasi.
b. Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.
c. Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
d. Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 1 (satu) cm yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
e. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.

4. Pengetikan Kalimat

Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.

5. Penomoran Halaman

a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii dan seterusnya).
b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya)
c. Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.

6. Kebahasaan

a. Huruf Miring (Italic)
Huruf miring digunakan untuk menulis beberapa hal sebagai berikut :
1) Kata dan ungkapan asing yang ejaannya bertahan dalam banyak bahasa
2) Tetapan dan pengubah yang tidak diketahui dalam matematika
3) Kata atau istilah yang diperkenalkan untuk diskusi khusus
4) Kata atau frase yang diberikan penekanan
5) Judul buku atau terbitan berkala yang disebutkan dalam tubuh tulisan
6) Nama ilmiah seperti genus, spesies, varietas dan forma makhluk

b. Huruf Kapital
1) Digunakan untuk huruf pertama pada awal kalimat
2) Setiap kata dalam judul, kecuali kata tugas yang tidak terletak pada posisi awal
3) Nama bangsa, bahasa, agama, orang, hari, bulan, tarikh, peristiwa sejarah, lembaga, jabatan, gelar dan pangkat yang diikuti nama orang atau tempat.
4) Nama-nama geografi, tetapi bukan nama geografi yang digunakan sebagai jenis (misal: badak sumatera).
5) Penulisan nama orang pada hukum, dalil, uji, teori dan metode.

c. Huruf Tebal
Huruf tebal digunakan untuk judul atau tajuk (heading).


6. Tata Bahasa
a. Fungsi tata bahasa digunakan dengan taat asas dan tegas, sehingga subyek dan predikat harus selalu ada.
b. Penggunaan ejaan dan istilah resmi.
c. Bahasa yang digunakan bersih dari unsur dialek daerah, variasi bahasa Indonesia, dan bahasa asing yang belum dianggap sebagai unsur bahasa Indonesia, kecuali untuk istilah bidang ilmu tertentu.

7. Tanda Baca
a. Tanda Titik (.)
Digunakan pada akhir kalimat, pada singkatan tertentu, sebagai pemisah bilangan ribuan atau kelipatannya yang menunjukkan jumlah.
b. Tanda Koma (,)
Digunakan untuk memisahkan angka desimal, pemisah unsur-unsur dalam suatu deret, untuk memisahkan unsur-unsur sisteksis dalam kalimat.
c. Tanda Titik Koma (;)
Digunakan untuk memisahkan unsur-unsur sintaksis yang setara, atau dalam deret yang sudah mengandung tanda baca lain.
d. Tanda Titik Dua (:)
Digunakan untuk menandakan pengutipan yang panjang, angka perbandingan, memisahkan nomor jilid dan halaman daftar pustaka.
e. Tanda Tanya (?)
Digunakan pada akhir pertanyaan langsung, untuk menunjukkan keragu-raguan dalam suatu pernyataan.
f. Tanda Hubung (-)
Digunakan untuk menyambung bagian-bagian tanggal dan menghubungkan dua kata yang sama.
g. Tanda Kurung ((...))
Digunakan mengapit tambahan keterangan atau penjelasan yang bukan bagian integral pokok pembicaraan.
h. Tanda Petik (“...”)
Digunakan untuk petikan atau kutipan pembicaraan langsung, istilah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus.
i. Tanda Garis Miring (/)
Digunakan untuk menggantikan tanda bagian atau menunjukkan bilangan pecahan.

8. Penulisan Tabel dan Gambar
a. Tabel
1) Judul tabel merupakan kalimat pernyataan secara ringkas yang berdiri sendiri dan dapat menerangkan arti tabel
2) Judul tabel diletakkan di atas tabel dengan diawali huruf kapital tanpa diakhiri dengan tanda titik
3) Setiap tabel yang ada harus dirujuk atau dibahas di dalam kalimat
4) Catatan kaki pada tabel merupakan simbol non numerik seperti *, † dan ‡.. petunjuk catatan kaki diletakkan pada bagian tabel yang memerlukan informasi tambahan tersebut.

b. Gambar
1) Judul gambar dapat berupa satu kalimat atau lebih.
2) Judul gambar diletakkan di bawah gambar dan diawali oleh huruf kapital serta diakhiri dengan tanda titik.
3) Setiap gambar biasanya mempunyai simbol. Untuk itu, setiap simbol harus diberikan keterangan. Ukuran simbol dan keterangannya harus proporsional dengan ukuran gambar dan dapat dibaca dengan jelas.
4) Setiap gambar yang terdapat dalam tulisan harus dirujuk di dalam teks.

9. Penyusunan Daftar Pustaka
a. Teladan umum untuk jurnal sebagai panduan yang biasanya mutakhir
Nama tahun. Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Nama jurnal: nomor volume (nomor terbitan): halaman.

1) Satu Pengarang
Koske R.E. 1989. Scutellospora arenicola and Glomus trimurales: two new species in the Endogonaceae. Mycologia 81:927-933.

2) Dua Pengarang
Maginn, J.L. dan D.L Tuttle. 1990. Managing Invesment Portofolios: A Dynamic Process. 2nd ed. Gorham and Lamont Publisher. Boston.

3) Lebih dari Dua Pengarang
Bloomberg, D.J., S. Lemay, and J.B. Hanna. 2002. Logistics. Pearson International. New Jersey.

4) Setiap Terbitan Dimulai dengan Halaman Baru
Eliel, E.L. 1976. Stereochemistry Science LeBel and van’t Hoff: bagian Chemistry 49(3):8-13.

b. Organisasi sebagai pengarang
Badan Pusat Statistik (BPS). 2002. Statistik Potensi Desa Propinsi Banten. BPS. Jakarta.

c. Teladan umum untuk buku
Nama Pengarang. Tahun Terbit. Judul Buku. Tempat terbit; Nama Penerbit.
1) Buku Terjemahan
Kalshoven, L.G.E. 1981. Pests of Crops in Indonesia. Laan PA van Der, Penerjemah. Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve. Terjemahan dari: De Plagen van de Cultuurgewassen in Indonesie.

2) Buku dengan Editor
Gilman, A.G., T.W. Rall, dan A.S. Nies., P. Taylor, Editor. 1990 The Pharmacological Basis of Therapeutics. Pergamon. New York.

d. Prosiding
Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Di dalam: Nama editor. Judul publikasi atau nama pertemuan ilmiah atau keduanya; tempat pertemuan, tanggal pertemuan. Tempat terbit: nama penerbit. Halaman artikel.
Meyer, B. Dan K. Herman. 1985. Formaldehyde Release from Pressed Wood Products. Di dalam: Turoski, Editor. Formaldehyde: Analyical Chemistry and Toxicology. Proceedings of the Symposium at the 187th Meeting on the American Chemical Society. St. Louis, 8-13 April 1984. Washington: American Chemical Societies. Halaman 101-116.
e. Skripsi/tesis/desertasi
Nama pengarang. Tahun terbit. Judul. Tempat institusi: Nama institusi yang menganugerahkan gelar.
f. Paten
Nama penemu paten; lembaga pemegang paten. Tanggal publikasi (permintaan) paten [tanggal bulan tahun]. Nama barang atau proses yang dipatenkan. Nomor paten.

g. Surat kabar

Nama pengarang. Tanggal bulan tahun terbit. Judul. Nama surat kabar; Nomor halaman (nomor kolom).
1) Tulisan/berita dalam surat kabar (dengan nama pengarang) Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
2) Tulisan/berita dalam surat kabar (tanpa nama pengarang)
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, Jawa Pos, hlm. 3.
h. Publikasi elektronik
Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul artikel. Nama jurnal [tipe media] volume (nomor):halaman. Ketersediaan. [Tanggal, bulan dan tahun akses]
Hsu, Y.H. dan K.Y. To. 2000. Cloning of a cDNA (Accession No. AF183891) Encoding Type II S-Adenosyl-L-Methionine Synthetase from Petunia Hybrida. Plant Phsiol. 122:1457.
Hamilton, J.D. 2000. Programming CGI 101. Oktober 2000].

sumber: katulistiwadua



No comments: